Tugas 1.2.a.6
Demonstrasi Kontekstual
Modul 1.2
Gambaran diri sebagai
guru penggerak dimasa depan
Oleh : Sri Yanti,A.md.RO,S.Pd
CGP Angkatan 6
Kabupaten Sijunjung
Fasilitator : Kasminar Limbong,S.Pd,M.M
PP
: Figo Selfi,S.Pd
Peran guru penggerak 3 tahun
yang akan datang :
- Sebagai
seorang guru penggerak saya harus bisa menjadi pemimpin pembelajaran yang
selalu mendorong tumbuh kembangnya murid secara Holostik ( cara pandang
yang menyeluruh atau secara keseluruhan ), aktif, dan pro aktif.
- Sebagai
seorang guru penggerak saya harus bisa menjadi coach bagi rekan guru lain
yang akan Bersama-sama mewujudkan Pendidikan yang lebih baik terutama di
sekolah saya demi mewujudkan dan mendukung profil pelajar Pancasila.
- Saya
sebagai seorang guru penggerak harus bisa menjadi pendorong terjadinya
kolaborasi antar sesama guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan
menjadikan pembelajaran lebih menarik dan berpihak pada murid. Sehingga
akan ada perubahan yang terjadi di sekolah saya kearah yang lebih baiklagi,
sesuai dengan tuntutan zaman. Walau demikian sebagai seorang guru
penggerak saya akan tetap mempertahankan budaya daerah karena itu adalah
suatu yang harus dipertahankan dan kita wariskan kepada anak generasi
berikutnya.
- Sebagai
seorang guru penggerak saya harus bisa mewujudkan kepemimpinan murid,
dimana setiap murid memiliki kemampuan dan keinginan untuk secara positif
mempengaruhi kehidupan mereka sendiri. Dalam upaya pembentukan
kepemimpinan murid saya berupaya mendorong murid untuk mampu membuat keputusan,
pilihan dan memberikan pendapat terkait dengan proses belajar yang mereka
lakukan.
- Sebagai
seorang guru penggerak saya harus bisa menjadi penggerak komunitas, dimana
dalam kegiatan MGMP saya harus bisa memberikan motivasi kepada teman-teman
untuk dapat Bersama-sama mengembangkan sisitem pembelajaran supaya lebih
menarik dan mudah dipahami.
Nilai-nilai guru
penggerak yang akan saya kuasai 3 tahun kedepan adalah :
- Mandiri
Sebagai seorang guru penggerak saya harus memiliki
kesadaran dari dalam diri untuk dapat melakukan perubahan, baik dari dalam diri
sendiri maupun terhadap lingkungan karena guru yang mandiri adalah guru yang
yakin terhadap dirinya sendiri bahwa dirinya mempunyai potensi sehingga timbul
rasa percaya diri, guru penggerak juga harus mempunyai rasa tanggung jawab yang
besar terhadap sesuatu yang ditugaskan padanya. Juga harus memiliki sifat yang
inisiatif dan kreatif dan mampu menerima perubahan. Karena guru adalah role
model bagi muridnya, jadi guru harus memiliki kecakapan dan keterampilan yang
patut ditiru.
- Reflektif
Seorang guru penggerak harus berfikir yang bermakna yang
didasarkan pada alasan dan tujuan.
Seorang guru penggerak harus melakukan evaluasi diribaik
yang positif maupun yang negative, dari hasil evaluasi diri itulah nantinya
dapat dijadikan sebagai dasar untuk memperbaiki kualitas diri dimasa yang akan
datang
Contohnya, saya selalu membuat jurnal harian dari jurnal
itu Nampak hal positif yang saya lakukan dalam beberapa waktu yang lalu, dan
juga disitu Nampak hal-hal yang tidak baik yang saya lakukan beberapa wakt yang
lalu. Hal positif yang telah dilakukan akan dipertahan kan dan dilakukan secara
berkelanjutan dan hal negative yang dilakukan akan berupaya untuk dilakukan
perubahan.
- Kolaboratif
Sebagai seorang guru penggerak, kolaboratif menjadi kunci
dari pemikiran yang kreatif, kolaboratif itu penting untuk mencapai hasil
terbaik saat menyelesaikan masalah yang rumit.
Kolaboratif yang pernah saya lakukan sehubungan dengan
peran saya sebagai guru penggerak adalah :
a. Pengalaman
sebagai pembina upacara
b. Menjadi
pembina ekstrakulikuler pramuka, disana saya berkolaborasi dengan pelatih dan
kakak-kakak senior untuk membina dan membentuk karakter murid, juga melakukan
kegiatan dilapangan untuk meningkatkan kecakapan murid.
c. Membiasakan
murid untuk membaca di pojok literasi kelasnya, dengan cara menyediakan buku
yang disukai oleh murid
d. Bekerjasama
dengan guru lain dalam kegiatan P5 dengan cara mengajak murid mengolah smapah
menjadi kerajinan.
e. Ikut
dalam kegiatan PIK_R disekolah dengan cara membantu mensosialisasikan
pentingnya zat besi bagi tumbuh kembangnya remaja dan membagikan tablet tambah
darah pada murid perempuan.
f. Mengikuti
kegiatan MGMP Bersama teman satumata pelajaran, mendiskusikan dan menciptakan
media pembelajaran yang menarik bagi murid.
- Inovatif
Sebagai seorang guru penggerak saya harus bisa membawa
hal-hal baru pada Pendidikan disekolah. Dalam membawa perubahan disini saya
selalu berupaya mencontohkan hal-hal baru yang jarang atau belum pernah
dilakukan murid sebelumnya. Sebagi contoh disekolah saya masih banyak murid
yang susah sekali untuk di minta memasukan bajunya dan memakai sepatu selama di
sekolah supaya kelihatan rapi, saya berusaha membeikan saran dan terkadang juga
memberikan sanksi sebagai efek jera bagi murid itu sendiri dan murid yang lain
nya tidak akan mencontoh hal yang sama, juga terhadap pemakaian aksesoris saya
selalu mengingatkan murid bahwa tidak boleh memakai aksesoris kesekolah kecuali
jam tangan apalagi yang berbau perhiasan berharga, karena itu bisa memicu rasa
cemburu social bagi teman yang tidak punya. Dalam pembelajaran saya juga
berupaya untuk menggunakan media pembelajaran yang menarik dan lebih banyak
praktek untuk murid.
- Berpihak
pada murid
Sebagai seorang guru penggerak saya akan mengutamakan
kepentingan murid sehingga tidak hanya sebagai pengajar namun dapat menjadi
penuntun dan menjadi fasilitator dalam proses pengembangan potensi dan
pembentukan karakter murid, sehingga menjadi pribadi yang baik sesuai dengan
profil pelajar Pancasila.
Salam guru penggerak SMPN 10Sijunjung.
Posting Komentar untuk "Peran Guru Penggerak 3 Tahun Yang Akan Datang"